Rabu, 26 Februari 2014

Laporan Ujian Praktek Kimia


LAPORAN HASIL PERCOBAAN 
(SISTEM KOLOID)






Disusun oleh:
Kelompok 5
·        Asti Kusriyanti
·        Gregorius Manggala S
·        Perdana Immanuel
·        Rendi Pratama H
·        Saskia Sayidati Fauziah
·        Yuditrian Rizkiana W
                                                          Kelas:
   XII IPA 3
   T.A. 2013/2014

SMA NEGERI 6 BANDUNG
Jln.Pasirkaliki No.51 Bandung

Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr.Wb
Pertama-tama marilah kami panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kimia yang berjudul  laporan hasil percobaan produk koloid”.Laporan ini kami susun berdasarkan percobaan yang telah  kami lakukan sebelumnya.
Tujuan utama dari pembuatan laporan ini adalah selain untuk memenuhi tugas ujian praktik juga untuk memperdalam  pemahaman materi dan  sekaligus belajar cara membuat makanan dengan cita rasa yang lezat dan juga menambah wawasan pengetahuan.
Akhir kata kami ucapkan mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan dalam laporan kami.Kami harap Ibu guru dapat memaklumi, karena seperti yang Ibu ketahui kami ini hanyalah siswa yang masih dalam tahap pembelajaran. Tentunya kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari Ibu sebagai guru/pembingbing kami supaya dalam pembuatan laporan selanjutnya bisa lebih baik lagi. Terimakasih dan semoga laporan ini bermanfaat,Amin.
Wassalamualaikum Wr.Wb

                                                                                                                   Bandung, 22 Februari 2014


Penyusun      
  

I.                   Judul Percobaan

  Pembuatan  Koloid

II.                Tujuan Percobaan
1.      Untuk mengetahui cara pembuatan es krim
2.      Untuk mengetahui pengelompokan system koloid,sifat koloid dan cara pembuatan koloid pada es krim

III.             Pelaksanaan Percobaan
            Hari     : Jumat dan Minggu
            Tanggal : 21 dan 23 Februari 2014
            Waktu  : 16.00-20.00 dan 11.00-18.00
               Tempat : Jln.Pasir kaliki

IV.              Alat dan Bahan

-          300 ml susu full cream
-          ½ sdt esens vanili
-          6 kuning telur
-          175 gram gula pasir
-          600 ml cream kental
-          Mixer
-          Mangkok
-          Panci
-          Freezer


V. Landasan Teori

Koloid adalah suatu campuran zat heterogen antara dua zat atau lebih di mana partikel-partikel zat yang berukuran koloid tersebar merata dalam zat lain.
Contoh: Mayones dan cat, mayones adalah campuran homogen di air dan minyak dan cat adalah campuran homogen zat padat dan zat cair.
Sistem koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak antara larutan dan suspensi (campuran kasar). Sistem koloid ini mempunyai sifat-sifat khas yang berbeda dari sifat larutan atau suspensi.
VI.                Cara Kerja
1.      Cara membuat ice cream sebenarnya cukup mudah sekali, yang pertama adalah masak susu cair serta esense vanili didalam panci dengan api kecil. 
2.       Kocok kuning telur bersamaan dengan gula pasir menggunakan mikser kecepatan sedang selama 3 menit hingga mengental serta berwarna pucat. 
3.      Tuangkan larutan susu  ke didalam kocokan kuning telur yang sudah mengental, aduk dengan spatula sampai rata. Masukkan kembali campuran ini kedalam panci bekas merebus susu, masak diatas api kecil selama kurang lebih 3-4 menit sampai adonan mengental ( jangan sempat mendidih ).
4.      Masak cream kental di panci dengan api kecil. Setelah muncul gelembung-gelembung kecil,
5.      Masukkan adonan susu telur kedalam adonan krim , aduk rata. Diamkan sampai menjadi dingin. 
6.      Setelah tahap tersebut, segera masukkan adonan ke ice krim maker serta diaduk-aduk hingga 1 jam sebelum adonan tersebut menjadi es cream. 
7.      Untuk yang belum punyai ice cream maker, maka masukkan adonan didalam freezer kurang lebih hingga 3 jam, keluarkan selanjutnya kocok dengan mixer hingga lembut selama 5 menit. Ulangilah langkah tersebut hingga 3-4 kali sampai didapatkan adonan yang lembut

VII. Diskusi Hasil Percobaan
Dalam pembuatan es krim terjadi 2 proses koloid, yaitu:
1)      Emulsi cair
Emulsi cair adalah dimana suatu zat cair terdispersi dalam zat cair. Hal ini dibuktikan yaitu pencampuran lemak dengan air. Kandungan lemak dan air yang terkandung dalam susu.
2)      Buih cair
Buih cair adalah dimana suatu gas terdispersi dalam zat cair. Hal ini dibuktikan dengan pencampuran krim hasil pencampuran telur dan gula yang menghasilkan busa dan mencampurkan campuran tersebut kedalam zat cair yang berupa susu.

Mencegah adanya pemisahan kembali dalam proses emulsi, maka terdapat emulsifer pada es krim. Emulsifer yang paling sederhana adalah kuning telur, dan kuning telur termasuk ke dalam bahan pembuatan eskrim.
Pembuatan es krim termasuk kedalam pembuatan produk koloid secara dispersi. Cara dispersi adalah dengan mengubah partikel-partikel kasar yang terdapat dalam gula dan krim menjadi partikel koloid. Pembuatan es krim tepatnya dibuat dengan dispersi mekanik yaitu denagn menggunakan mixer
Manfaat es krim bagi kesehatan
1.      Menjaga kesehatan jantung
Mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid berhubungan erat dengan rendahnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner.Diduga ,kandungan flavonoid pada cokelat justru menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi LDL. Flavonoid pada coklat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan diri
2.      Merangsang system kekebalan tubuh
Dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari system imun tubuh),maka coklat bermanfaat dalam merangsang system kekebalan tubuh.



3.      Menurunkan resiko terkena kanker payudara
Berdasarkan penelitian Institute of community medicine,Universitas tromso ,Norwegia dalam International journal of Cancer,mengonsumsi 3 gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause.
VII.       Kesimpulan
 Es krim adalah buih setengah beku yang mengandung lemak teremulsi dan udara. Es krim termasuk kedalam pengelompokan system koloid cair ke cair yaitu emulsi,sifat koloid es krim yaitu koloid pelindung hal ini dibuktikan pada gelatin yang digunakan untuk  pembuatan es krim untuk mencegah pembentukan Kristal es yang kasar, pembuatan koloid es krim ini dengan cara dispersi.
VIII.        Daftar Pustaka


                           
                             
               
                                        
                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar